Perjalanan Nyaman Tanpa Mabuk Perjalanan

Musim liburan telah tiba. Liburan sekolah yang berdekatan dengan hari raya Idul Fitri adalah momen yang banyak dimanfaatkan untuk melakukan perjalanan jarak jauh, baik untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, maupun untuk berwisata. Ada yang menempuh perjalanan melalui darat, laut, maupun udara. Perjalanan yang seharusnya menyenangkan dapat terganggu jika mengalami mabuk perjalanan.


Mabuk perjalanan dalam bahasa Inggris disebut motion sickness. Penyakit ini merupakan gangguan yang terjadi pada telinga bagian dalam yang mengatur keseimbangan, dan disebabkan oleh gerakan yang berulang, seperti gerak ombak di laut, pergerakan mobil, turbulensi udara di pesawat, dan sebagainya.


Mabuk perjalanan terjadi ketika tubuh, telinga bagian dalam, dan mata mengirimkan sinyal yang tidak sinkron kepada otak, sehingga otak tidak dapat menerjemahkan dengan baik. Misalnya, ketika berada di dalam mobil yang bergerak, telinga bagian dalam dapat merasakan sensasi gerakan, dan mata melihat pergerakan dari kendaraan atau objek-objek di luar kendaraan, tetapi tubuh tidak merasakannya. Ini menyebabkan otak tidak dapat mengkoordinasikan input dari ketiga bagian tersebut, sehingga muncullah gejala mabuk perjalanan. Gejala yang sering muncul dapat berupa mual dan akhirnya muntah, pusing/sakit kepala, muka pucat, keringat dingin, dan badan menjadi lemas.


Walaupun mabuk perjalanan bukan merupakan sesuatu yang berbahaya, tetapi gejala yang muncul cukup mengganggu, dan bahkan dapat menyebabkan seseorang menjadi jera/trauma dan menghindari bepergian.


Tips mencegah atau meminimalkan mabuk perjalanan:



  • Di dalam kendaraan, duduklah di bagian di mana mata Anda akan melihat gerakan yang sama dengan yang dirasakan oleh tubuh (jangan duduk menghadap ke belakang atau ke samping, yang tidak searah dengan gerakan kendaraan). Jika di mobil atau bus, duduklah di depan dan lihatlah ke depan. Jika di kapal laut, pergilah ke dek dan lihatlah gerakan horizon. Jika di pesawat, sebaiknya duduklah dekat jendela dan lihatlah keluar. Juga duduklah di bagian dekat sayap, di mana gerakan terasa paling minimal.

  • Hindarilah membaca buku selama perjalanan.

  • Hindarilah bau-bauan yang kuat, makanan yang berbumbu tajam, makanan berminyak, minuman beralkohol, atau makan terlalu banyak, terutama sebelum dan selama perjalanan.


Terapi Non-Obat


Tanaman obat tradisional yang telah digunakan secara turun-temurun untuk mengatasi mual dan muntah adalah jahe (Zingiber officinale) dan peppermint (Mentha piperita). Walaupun belum banyak didukung oleh penelitian ilmiah, minum minuman yang mengandung jahe atau peppermint, atau mengulum permen jahe, dapat membuat tubuh merasa lebih baik saat merasa mual. Jika sampai terjadi muntah, minumlah air putih hangat yang cukup untuk mengganti cairan yang keluar dan mencegah dehidrasi.


Terapi Obat


Obat yang paling sering dipakai untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah obat yang mengandung zat berkhasiat Dimenhydrinate (contohnya Antimo®). Obat ini termasuk golongan obat bebas terbatas (ditandai dengan logo lingkaran biru pada kemasan obat) yang dapat diperoleh di apotek atau toko obat tanpa resep dokter. Namun seperti biasa, sebelum menggunakan obat, dianjurkan untuk membaca informasi yang terdapat pada kemasan atau label obat secara lengkap.


Aturan pakai: Dimenhydrinate sebaiknya dikonsumsi 30 menit - 1 jam sebelum melakukan perjalanan, untuk mendapatkan efek obat yang optimal.


Efek samping: Dapat menyebabkan kantuk, sehingga tidak boleh digunakan bagi orang yang mengendarai/mengemudikan kendaraan.


Perhatian khusus:



  • Tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 2 tahun, kecuali atas anjuran dokter.

  • Tidak boleh diberikan pada pasien yang mengalami serangan asma akut atau gagal jantung berat.

  • Pasien dengan penyakit asma, glaukoma, penyakit paru kronis, sesak nafas, wanita hamil dan menyusui disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tersebut.


Mabuk perjalanan mungkin tidak membahayakan, tetapi cukup mengganggu dan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Diharapkan tips-tips di atas dapat membantu mencegah atau meminimalkan mabuk perjalanan, dan membuat Anda lebih menikmati perjalanan Anda.


 


Salam Sehat,


Team Apotek Simas Sehat

  1. Download File :
  2. Perjalanan Nyaman Tanpa Mabuk Perjalanan

fb-share-button twt-share-button

Keranjangku
Belum Ada Data
Syarat dan Ketentuan :
  1. Pembelian produk minimal Rp50.000,- berlaku untuk pembayaran dengan menggunakan kartu debet dan kredit.
  2. Untuk pembayaran di tempat, tidak ada batasan minimal pembelian.
  3. Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu.
  4. Produk yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan
Layanan Apotek
Kegiatan bersama Apotek
Layanan Pelanggan