Lindungi Diri Anda Dengan Vaksin Influenza

Influenza atau flu adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini menyerang saluran pernafasan dan bisa mempengaruhi seluruh tubuh.


Apakah influenza sama dengan batuk pilek?


Influenza/flu tidak sama dengan batuk pilek biasa (common cold). Gejala influenza lebih berat daripada common cold, seperti menggigil, nyeri otot, rasa capek, batuk, dan nyeri tenggorokan. Influenza dapat menimbulkan komplikasi berat seperti bronkitis, pneumonia, bahkan kematian.


Bagaimana cara penularan influenza?


Influenza sangat mudah ditularkan melalui udara ketika bersin, batuk, dan berbicara. Selain itu, juga dapat menular dengan cara berjabat tangan atau kontak dengan benda yang terkontaminasi virus influenza.


Apakah akibat dari influenza?


Influenza dapat menjadi penghambat untuk beraktifitas di tempat kerja, sekolah, dan sebagainya. Selain itu, influenza dapat menimbulkan komplikasi berat, seperti bronkitis dan pneumonia (radang paru-paru). Komplikasi akibat influenza dapat menjadi lebih berat pada orang dengan penyakit kronis/menahun, seperti jantung, paru-paru, diabetes/kencing manis, dan penyakit kronis lainnya.


Apakah influenza dapat dicegah?


Influenza/flu dapat dicegah dengan vaksinasi. Vaksinasi merupakan tindakan pencegahan yang paling efektif terhadap influenza dan dapat mencegah banyak penyakit dan kematian.


Apakah vaksin influenza itu?


Vaksin influenza digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit yang ditimbulkan oleh virus influenza tipe A dan B. Umumnya, vaksin influenza yang digunakan di Indonesia adalah jenis vaksin trivalen (melindungi terhadap tiga tipe virus influenza). Setiap tahunnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menentukan jenis virus influenza yang harus ada dalam vaksin untuk menjamin perlindungan yang terbaik.


Apa bahan baku pembuatan vaksin influenza?


Vaksin influenza bukan terbuat dari virus hidup yang dilemahkan, tetapi berupa antigen permukaan virus influenza non-aktif yang dibiakkan pada media telur ayam. Antigen adalah zat yang dapat merangsang pembentukan antibodi/kekebalan tubuh.


Siapa saja yang membutuhkan vaksin influenza?


Semua orang, mulai dari usia 6 bulan ke atas sampai dengan usia lanjut.


Direkomendasikan bagi kelompok yang berisiko tinggi, yaitu:



Siapa yang tidak boleh menerima vaksin influenza?


Vaksin influenza TIDAK boleh diberikan pada kondisi berikut:



  1. Orang yang memiliki riwayat alergi terhadap telur, protein ayam, atau komponen vaksin.

  2. Pada kondisi demam tinggi, kejang-kejang, atau infeksi akut (vaksinasi harus ditunda).


Bagaimana efektifitas vaksin influenza?


Efektifitas vaksin influenza mencapai 70-90% dalam mencegah influenza dan komplikasinya. Perlindungan mulai terbentuk 2-3 minggu setelah menerima vaksinasi.


Seberapa sering vaksin influenza diberikan?


Untuk menjamin perlindungan yang optimal, dianjurkan untuk melakukan vaksinasi influenza setiap satu tahun sekali, dikarenakan setiap tahun akan beredar jenis virus influenza yang berbeda.


Bagaimana cara pemberian vaksin influenza?


Vaksin influenza disuntikkan secara intramuskular (di bawah otot), biasanya di lengan bagian atas.


Apakah ada efek samping setelah menerima vaksin influenza?


Vaksin influenza aman dan dapat ditoleransi dengan baik. Efek samping yang terjadi umumnya ringan dan akan membaik dalam 1-2 hari setelah divaksin, seperti rasa nyeri dan kemerahan pada bagian tubuh yang disuntik, sakit kepala, demam, dan rasa lelah. Apabila gejala yang Anda alami terasa mengganggu dan tidak membaik, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

  1. Download File :
  2. Lindungi Diri Anda Dengan Vaksin Influenza

fb-share-button twt-share-button

Keranjangku
Belum Ada Data
Syarat dan Ketentuan :
  1. Pembelian produk minimal Rp50.000,- berlaku untuk pembayaran dengan menggunakan kartu debet dan kredit.
  2. Untuk pembayaran di tempat, tidak ada batasan minimal pembelian.
  3. Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu.
  4. Produk yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan
Layanan Apotek
Kegiatan bersama Apotek
Layanan Pelanggan