Tiga Olahraga Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Olahraga adalah salah satu cara untuk kita agar tetap bugar dan sehat. Namun bila kita sudah terlanjur sakit, masih bermanfaatkah kita berolahraga ? Jangan salah justru dalam beberapa kasus penyakit, berolahraga sangat dianjurkan terutama bagi penderita diabetes. Bagi penderita diabetes berolahraga dapat membantu untuk mengontrol berat badan, menguatkan jantung, membantu menurunkan kadar gula dan kadar lemak dalam darah. Karena itu sangat dianjurkan bagi penderita diabetes untuk berolahraga.


Tetapi sudah tahukah kamu olahraga apa saja yang paling dianjurkan bagi penderita diabetes. Berikut adalah 3 olahraga simpel bagi penderita diabetes yang bisa kamu lakukan dirumah :



  1. Angkat Beban (Weight Lifting)
    Latihan Angkat Beban tidak hanya dapat meningkatkan kekuatan otot dan lemak, tetapi Angkat Beban dapat juga membantu untuk membakar lemak, menguatkan stamina dan jantung, serta secara ajaib Angkat Beban dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Sangat dianjurkan bagi penderita diabetes untuk melakukan latihan angkat beban 2-3 kali seminggu. Jenis olahraga angkat beban yang bisa dilakukan seperti sit up, push up, ataupun dengan mengangkat barbel.

  2. Aerobik
    Latihan Aerobik dapat membuat jantung dan tulang anda kuat, namun yang paling penting bagi penderita diabetes dengan Aerobik dapat menjaga kadar gula, kolesterol, dan tekanan darah dalam rentang normal. Lakukan latihan Aerobik selama 30 menit minimal 5 kali seminggu. Namun jika belum terbiasa kamu bisa melakukannya sebanyak 5 - 10 menit per hari lalu ditingkatkan secara bertahap tiap minggunya. Jenis olahraga Aerobik yang bisa dilakukan seperti jogging, bersepeda, naik turun tangga, ataupun melakukan senam aerobik.

  3. Yoga
    Jika kedua olahraga diatas sulit dilakukan, maka Yoga adalah pilihan yang paling tepat, karena Yoga adalah olahraga yang mudah tanpa mengutamakan fisik. Yoga mampu membuat rileks tubuh dan memperlancar peredaran darah, sehingga proses metabolisbe dan pencernaan dalam tubuh dapat berjalan dengan maksimal. Western Intense Pose, Hero Posture, Downward Facing Dog, dan Child Pose. Selain Yoga, olahraga santai seperti berjalan dan bersepeda santai juga dapat dilakukan sebagai pengganti.


Angkat Beban, Aerobik dan Yoga adalah jenis olahraga yang boleh dilakukan oleh penderita diabetes. Namun tetap konsultasikan kepada dokter untuk metode mana yang paling cocok untuk kamu dan konsultasikan pula seberapa besar porsi olahraga yang benar-benar tepat dan tidak berlebihan. Pilihlah olahraga dengan intensitas rendah - sedang untuk penderita diabetes tipe 1 dan olahraga pembentuk otot untuk diabetes tipe 2. Terakhir jangan lupa untuk selalu melakukan kontrol dan cek gula darah secara rutin.


Salam Sehat....

fb-share-button twt-share-button

Keranjangku
Belum Ada Data
Syarat dan Ketentuan :
  1. Pembelian produk minimal Rp50.000,- berlaku untuk pembayaran dengan menggunakan kartu debet dan kredit.
  2. Untuk pembayaran di tempat, tidak ada batasan minimal pembelian.
  3. Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu.
  4. Produk yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan
Layanan Apotek
Kegiatan bersama Apotek
Layanan Pelanggan