Kenali dan Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini Part II

Pembahasan sebelumnya kita sampai pada dokter akan membuat diagnosa kanker payudara dari temuan dan hasil pemeriksaan. Sekarang mari kita lebih dalam melanjutkan mengenai kanker payudara.

Setelah melakukan pemeriksaan pasti akan berbicara tentang seberapa besar penyakit ini sudah pada tahapan staging (penentuan stadium). Dari staging ini akan menjadi panduan pengobatan yang akan dilakukan hingga kemungkinan kesembuhan penderita kanker payudara.

Berikut staging kanker payudara menurut American joint Committee on Cancer :

a. Stadium 0 : sel-sel kanker berada pada tempatnya di dalam jaringan payudara yang normal.

b. Stadium I : Tumor dengan garis tengah kurang dari 2 cm dan belum menyebar keluar payudara

c. Stadium IIA : Tumor dengan garis tengah 2-5 cm dan belum menyebar ke kelenjar getah bening ketiak atau tumor dengan garis tengah kurang dari 2 cm tetapi sudah menyebar ke kelenjar getah bening ketiak

d. Stadium IIB : Tumor dengan garis tengah lebih besar dari 5 cm dan belum menyebar ke kelenjar getah bening ketiak atau tumor dengan garis tengah 2-5 cm tetapi sudah menyebar ke kelenjar getah bening ketiak

e. Stadium IIIA : Tumor dengan garis tengah kurang dari 5 cm dan sudah menyebar ke kelenjar getah bening ketiak disertai perlengketan satu sama lain atau perlengketah ke struktur lainnya atau tumor dengan garis tengah lebih dari 5 cm dan sudah menyebar ke kelenjar getah bening ketiak

f. Stadium IIIB : Tumor telah menyusup keluar payudara, yaitu ke dalam kulit payudara atau ke dinding dada atau telah menyebar ke kelenjar getah bening di dalam dinding dada dan tulang dada

g. Stadium IV : Tumor telah menyebar keluar daerah payudara dan dinding dada, misalnya ke hati, tulang atau paru-paru.

Selain penentuan stadium kanker, juga terdapat faktor lain yang mempengaruhi jenis pengobatan dan kemungkinan kesembuhan pasien yaitu : jenis kanker dan respons terhadap pemberian obat hormonal dan adanya keturunan dalam keluarga

Pengobatan medis harus segera dilakukan agar tidak masuk stadium lebih lanjut lagi dan kesembuhan pada penderita bisa diperoleh. Penyakit kanker payudara memiliki 3 metode pengobatan yaitu :

1. Pembedahan

2. Radiasi atau Terapi Penyinaran
Penyinaran dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker pada tempat pengangkatan tumor hingga daerah sekitarnya

3. Kemoterapi dan pemberian obat-obatan untuk menghambat hormone.
Untuk menekan pertumbuhan sel kanker di seluruh tubuh
  
Ketiga metode pengobatan kanker payudara dilakukan dilihat dari seberapa penyebaran sel-sel kanker di dalam tubuh. Ada dua kategori pengobatan kanker payudara dilaksanakan yaitu :

I. Stadium Awal
Mastektomi, yang merupakan pilihan utama yaitu operasi untuk pengangkatan seluruh payudara. Ada 3 teknik untuk mastektomi dan akan disesuaikan dengan kondisi sel kanker dan stadiumnya. Setelah pembedahan maka dilakukan terapi penyinaran yang akan sangat mengurangi resiko kambuhnya kanker pada dinding dada atau pada kelenjar getah bening di sekitarnya.

Operasi breast-conserving yaitu hanya mengangkat tumor dan jaringan normal di sekitar payudara. Teknik ini dilakukan bila telah dipastikan bahwa sel kanker hanya berada pada sebagian payudara (terlokalisir) dan belum ada penyebaran ke tempat lain.
Ada 3 tehnik dalam Operasi breast-conserving yang disesuaikan dengan stadium dan kondisi kankernya

Setelah operasi pengangakatan payudara maka ada operasi untuk tujuan rekonstruksi payudara, yang dapat dilakukan untuk tujuan kosmetik dan psikologi pasien .

Kemoterapi dan obat penghambat hormon seringkali diberikan segera setelah pembedahan dan dilanjutkan selama beberapa bulan atau tahun. Pengobatan ini menunda kembalinya kanker dan memperpanjang angka harapan hidup penderita.
  
Pemberian beberapa jenis kemoterapi lebih efektif dibandingkan dengan kemoterapi tunggal. Tetapi tanpa pembedahan maupun penyinaran, obat-obat tersebut tidak dapat menyembuhkan kanker payudara.

Efek samping dari kemoterapi bisa berupa mual, lelah, muntah, luka terbuka di mulut yang menimbulkan nyeri atau kerontokan rambut yang sifatnya sementara. Saat ini ada obat yang dapat menghambat muntah pada pasien yang menjalani kemotherapi.

II. Stadium Lanjutan

Kanker payudara bisa menyebar ke berbagai bagian tubuh. Bagian tubuh yang paling sering dikenai adalah paru-paru, hati, tulang, kelenjar getah bening, otak dan kulit.

Tetapi jika kanker hanya ditemukan di tulang, maka dilakukan terapi penyinaran. Terapi penyinaran merupakan pengobatan yang paling efektif untuk kanker tulang dan kanker yang telah menyebar ke otak
  
Untuk saat ini, sebaiknya dipastikan dengan pemeriksaan lengkap Pasien berada dalam stadium mana supaya Dokter dapat menentukan pengobatan yang akan diambil. Sebaiknya sesegera mungkin Pasien dibawa berkonsultasi ke RS Pusat Kanker Nasional Dharmais di Jl. Let. Jend. S Parman Jakarta barat. Bertemu dengan Dokter Bedah Onkologi atau dokter yang ahli menangani kanker payudara. Waktu sangat penting dalam pengobatan ini jadi sebaiknya jangan ditunda lagi.

Sumber : Team Dokter Simas Sehat

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :