Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Pasti anda setuju ya kalo intensitas turun hujan akhir-akhir sudah meningkat? Yups, sangat setuju, menandakan bahwa memasuki musim penghujan. Butuh perhatian dan persiapan untuk setiap aktifitas sehari-hari kita.

Terkadang juga kita kehujanan saat berangkat atau pulang melakukan aktifitas. Hal ini bisa membuat daya tahan tubuh kita turun yang berdampak buruk rentan sakit.

Musim hujan menjadi kesempatan besar mikroorganisme membuat tubuh kita sakit menyerang. Sangat dibutuhkan daya tahan tubuh prima agar mencegah mikroorganisme masuk dalam tubuh kita.

Ada beberapa tips ampuh nih agar tetap sehat saat musim hujan yang disampaikan langsung oleh Kementerian Kesehatan :Jaga Pola Makan
Memiliki daya tahan tubuh prima berkaitan dengan asupan nutrisi gizi menjadi aspek penting untuk menangkal kuman penyakit masuk dan berkembang. Konsumsilah karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, serta air putih.

Prioritaskan untuk anda sarapan sebelum melaksanakan aktifitas kegiatan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Dan disarankan konsumsi probiotik (yogurt, tahu, tempe, dan acar) demi terhindar dari flu dan diare.Minum Vitamin
Selain mengatur pola untuk menjaga daya tahan tubuh, anda juga bisa minum vitamin sebagai asupan tambahan demi meningkatkan imun tubuh terjaga.

Olahraga
Sebuah cara sederhana dan mudah dilakukan yang memiliki manfaat begitu besar. Latihan fisik selama 30 menit bisa mengaktifkan sel darah putih loh, dimana fungsi dari sel darah putih itu sendiri memberikan pertahanan cepat serta kuat terhadap tubuh yang mengalami peradangan.

Melakukan olahraga tidak mesti di luar ruangan, di dalam ruangan anda juga bisa melakukan olahraga.

Jaga Kualitas Tidur
Menjadi waktu mengistirahatkan tubuh untuk melakukan pemulihan seluruh sistem anggota badan. Inilah kualitas tidur yang baik untuk menjaga kesehatan :
Usia 3-5 tahun perlu 10-13 jam
Usia 6-13 tahun perlu 9-11 jam
Usia 14-17 tahun perlu 8-10 jam
Usia 18-25 tahun direkomendasikan 7-9 jam
Usia 26-64 tahun butuh 7-9 jam dan Lanjut usia perlu 7-8 jam

Kelola Stres
Musim hujan dapat membuat anda stres. Kenapa bisa hal itu terjadi? Iya betul sekali faktornya terlambat bekerja karena hujan turun sehingga menjadikan beban untuk diri kita.

Saat seseorang mengalami stres itu berdampak psikologis seperti gelisa, detak jantung meningkat, dan mudah letih. Sangat diperlukan untuk kita dapat kelola stres itu dengan cara relaksasi yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Mudah dan sangat ampuh anda lakukan agar kesehatan tubuh tetap senantiasa prima saat musim hujan.

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :